Kamis, 09 Mei 2013

"TIPS" Tutorial membuat foto long exposure menggunakan ponsel android (LIGHT TRAIL)

Dalam fotografi pasti sudah tidak asing dengan istilah long exposure. Namun kali ini saya akan membahas mengenai foto long exposure dengan menggunakan kamera ponsel (android). Untuk android pastinya kita tidak bisa mengubah setingan semacam kamera profesional, namun sebagai user android dapat menggunakan aplikasi yang sudah disediakan di playstore. Ada banyak apk. untuk membuat foto LE (Long Exposure) namun yang menurut saya paling optimal untuk digunakan adalah "Camera FV 5". Pada camera fv5 kita dapat mengatur ISO dan open shutter kamera kita. Seperti gambar berikut :

















Sangat praktis penggunaanya, cara mensetingnya pun juuga tidalah ribet seperti kamera profesional. Pertama kita harus punya dulu aplikasinya, silahkan di download " camera fv 5 v1.42 "kemudian ikuti step-stepnya berikut :














1. Buka aplikasi kemuduan akan muncul tampilan kamera seperti gambar pertama
2. Pilih menu P / S dan set di "S"
3. Pilih atau atur controlled exposure / open shutter (untuk bagusnya cukup menset d controlled exposure saja, pilih yang "long" untuk hasil yang lebih bagus)
4. usahakan saat mengambil gambar posisi ponsel stabil tidak goyang, karena akan menyebabkan gambar jg tidak stabil.
5. apabila kita men set open shutter akan menghasilkan gambar yg over exposure, muncul noise dan kurang tajam.
6. ISO pada kamera untuk mode long exposure berubah menjadi 125, dan shutter speed nya menjadi 1/2 sec. Bukaan lensa tidak bisa di seting seperti pada kamera profesional, namun kita cukup mengubah fokus menjadi infinity.


Kali ini saya akan sedikit memberi contoh membuat foto LE dengan aplikasi tersebut.  Saya akan membuat apa yang dinamakan Flame Wall . Itu adalah semacam permainan api yang kali ini saya menggunakan Steel Wool sebagai matrialnya.


Steel wool adalah semacam serat besi yang biasa digunakan untuk keperluan pertukangan/ mebel.

















Kemudian kita perlu tali sling untuk mengaitkan steel wool tadi agar aman saat dibakar. cara bakarnya pun juga tidak susah.
Okay... setelah properti kita siapkan, baru kita menyusun konsep dan tempat untuk ini. Diusahakan carilah tempat yang luas dan tidak ada benda-benda yang mudah terbakar, karena percikan apinya juga akan banyak.
Berikut hasil eksekusi saya :
Kali ini saya masih setia menggunakan kamera ponsel sony ericsson xperia mini 5 mp. dengan aplikasi camera fv5








78 komentar:

  1. ciamik mas broo... besok saya harus belajar yg beginian....

    BalasHapus
  2. Pakai ponsel apa ni gan, mantab amir..

    BalasHapus
  3. guru sekolah dasar sperti sy terbatu dg tutorial ini. segera sy coba, sob. thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks gan rusydi
      Maaf kalo acak2an ga sesuai EYD dan kurikulum hehehe,,,, cm pngen berbagi sdikit ilmu aja.

      Hapus
    2. Thanks gan rusydi
      Maaf kalo acak2an ga sesuai EYD dan kurikulum hehehe,,,, cm pngen berbagi sdikit ilmu aja.

      Hapus
  4. wow sadiss, superb, nice posting deh

    BalasHapus
  5. Gan setelah ane coba ternyata cahayanya putus putus. Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake hp apa gan?
      memang pd hp2 trtentu long eksposure nya jdi putus2
      bisa jadi apk. cfv5 kurang cocok dgn hp anda
      sama seperti saya gan, kalo open shutter nya di set 2/5/... detik hasilnya jadi putih ancur. sedangakn pake hp lain open shutternya jalan sbg mana mestinya

      thx

      Hapus
  6. ngatur shutter speed gimana gan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. set d long aja mas!
      kalo hp ny kompatible bisa set d "open shutter" tgl atur mau brp sec.

      Hapus
  7. Kalo pake Xperia C, kira2 bisa gak ya gan??

    BalasHapus
  8. gan, kok cameranya ga ada gambarnya waktu mau foto?
    tolong pencerahanya gan!

    BalasHapus
  9. ajib gan ,bleh minta minta bantuanya gan ??
    ane masih binggung penggunaan tombolya yg lain ??
    kegunaanya apa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk buat foto LE saya rasa ckup pake setingan di atas gan
      Yg pntg byk mncoba & cb2 trs setingan lain
      Krn tiap hp bakal beda hasilny walopun setingan sama

      Hapus
  10. Mas, kl mau efek blur gimana ya. Sdh coba2 kok g bisa, Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek blur? Mksdny background ngeblur gt?
      Kalo itu pake hp/android bs pake apk. Afterfocus

      Hapus
  11. ajari kak.....ntar kalau pas hunting lagi aku di contact dong ....aku di tinggal terus ik

    BalasHapus
  12. kalo di kamera dslr, settingan nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada umumny klo pake dslr bisa d set speed 20-30sec
      iso bisa 400/tergantung kondisi & f. ny pake bukaan kecil

      selamat mencoba

      Hapus
  13. Pak Newa, apakah untuk membakar perlu bahan bakar ? atau cukup dibakar dengan api saja ? terima kasih tips nya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup pake korek api aja
      soalnya itu steelwool gampang terbakar kog

      Hapus
  14. Perfect nih, jadi kemana2 gak harus bawa slr, tp blm coba, mudahan hp gue acer z5 sanggup dah :) thanks~

    BalasHapus
    Balasan
    1. dr pengalaman gak semua kamera hp android mampu buat foto macam gini bagus gan, kalo dr tmn2 yg hasilny lumayan oke ada yg pake xperL, lumia 808/ yg udah pake windows 8 jg bisa

      Hapus
  15. wahhh..ternyata mas newa ada blognya,follow pastinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah jarang posting mas
      kamera hp udh minta ganti baru

      thx

      Hapus
  16. Amazing bgt mas, saya mu nanya2 mas. itu mksd dr foto LE itu apa? terus kalo pengen dpt efek bokeh dr camera FV5 yg lebih sempurna settingannya gmn? maaf ya mas saya masih awam sama photografi kebetulan lg pengen belajar hehe. makasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. LE = long exposure
      kalo pengen bisa dpt efek bokeh pake kamera hp kudu pake apk. afterfocus
      kalo langsung dr kamera bawaan kurang mantab

      thx

      Hapus
  17. Mantap, Super sekali gan. Izin nyimak dan belajar ya ��

    BalasHapus
  18. kira2 harga stell woll ny brpaan pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak salah 1 kilo d toko bangunan skitar 50-100rb an mas

      Hapus
  19. kalo pakek asus zenphone 4 kira2 hasil nya bsa kyak gtu gak mas...

    BalasHapus
  20. keren om, ane pake xiomi compitable bngt, thanks om buat sharenya.. ditunggu info laen2nya, hehehehe

    BalasHapus
  21. Gan ane udh coba ni pake cfv5 dari yang baru sampe yang lama, tapi hasilnya masih putus putus. Ada saran gak ni? Hp ane xperia m2

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dketahui juga mas kalo apk. camera fv 5 itu cocok2an sama ponsel. jadi gak semua hp android kompatibel sama apk. nya
      contoh kalo gak kompatible biasanya bulp nya putus2, ada juga yg warna nya pucat.

      Hapus
  22. Mantap ... Tutorialnya sangat membantu .. 1000 jempol :-D

    BalasHapus
  23. aq pke NOKIA XL..alhamdulillah hasilnya mmuaskan..tq bro!..

    BalasHapus
  24. ane pakai evercross ga dapat..putus nya panjang..buat kawan2 yg mau bikin poto kaya gitu tp hp nya ga cocok..bisa di coba pakai apk long exposure 2

    BalasHapus
  25. ane pakai evercross ga dapat..putus nya panjang..buat kawan2 yg mau bikin poto kaya gitu tp hp nya ga cocok..bisa di coba pakai apk long exposure 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. long exposure gk bs buat gmbar dgn ukuran hd gan -_-

      Hapus
  26. mas, kalo open shutternya di custom, settingannya gimana mas??
    terima kasih..

    BalasHapus
  27. mas kalo di LE nya piling yg long itu itu berpa sec yak .?

    BalasHapus
  28. Mas , saya pake hp Samsung Galaxy grand duos tapi hasilnya putus2 mas . Kenapa yak? Mohon bantuannya mas hehe

    BalasHapus
  29. Mas itu setting cukup seperti itu saja ? Dan iso sama shutter gaperlu diubah di menu utilitiesnya ya ? .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di set custom mas
      tinggal nanti hasilnya gimana
      kebetulan kalo dr hp saya untuk set custom kurang kompatibel

      Hapus
  30. Kalo pake fv5 untuk menfokuskan obyek orang dalam keadaan jauh gimana ya gan. Soalnya fv jarak fokusnya terbatas.

    BalasHapus
  31. Soalnya kalo syan mau foto. Saya fokuskan di satu obyek.. Fokusnya paling cuman di jarak sejengkal kalo saya agak menjauh udah enggk fokus sma obyek yang mau sya fto. Mohon arahanya gan

    BalasHapus
  32. Gan kalo pake dslr itu setting cameranya kayk apa ?

    BalasHapus
  33. Keren gans.ane kemaren sempet nyoa nech aplikasi. tapi berhubung nggak ngerti settingnya, ane hapus lagi tuh aplikasi. ntar ane coba lagi dech sesuai tips dari agan.

    BalasHapus
  34. punya saya nggk ada long atau shutter nya gan ada nya cuman auto aja gimana cara nya supaya ada handphone saya galaxi j5

    BalasHapus
  35. Saya pakai Redmi 2 gan. dan hasilnya putus".. mohon bantuannya

    BalasHapus
  36. Iya di galaxy j5 kok tidak ada long dishutternya gimana kak? Mohon dibantu dong

    BalasHapus
  37. J5 kok di shutter gak ada long nya gimana tu kak?

    BalasHapus
  38. Kali untuk foto pantai pakai tutor ini bisa ya mas?

    BalasHapus
  39. iya ka di j5 ga gada long nya, atau harus download yang pro?

    BalasHapus
  40. om tanya dong, hp ane mi4c pakai long exposure camera2.apk
    tapi gak settingan iso dan memang gak ada pengaturan iso. apakah pengaturan iso itu sangat penting?

    BalasHapus
  41. nahh ini bisa saya peraktek kan di rumah kalau malam :)
    Kerennnnnnnn :D

    BalasHapus
  42. Bang di hp saya kok putus cahayanya putus gimana ya?

    BalasHapus
  43. Kok kalo long exposure kualitas MP nya jadi cuma 0,9

    BalasHapus
  44. Kalau motret air hujan pakai aplikasi ini caranya gmana gan?

    BalasHapus